oleh

Antisipasi Kericuhan Saat Aksi Unjuk rasa, Danyon C Pelopor Pimpin Langsung Latihan Anti Anarkhis

Bone – Topikinformasi.com Aksi unjuk rasa yang kerap kali berakhir bentrok antara massa pengunjuk rasa dengan aparat keamanan, membuat Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel terus meningkatkan kemampuan Anti Anarkhis yang dimiliki. Tentunya peningkatan kemampuan Anti Anarkhis ini dilakukan untuk menghindari kesalahan prosedur penindakan yang dapat berujung pada pelanggaran HAM dan pelanggaran hukum lainnya.

Pada Senin (19/10/20), Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel menggelar latihan Anti Anarkhis di lapangan Mako Brimob Bone jalan M.H. Thamrin no. 70 Kota Watampone Kabupaten Bone. Dalam latihan ini, Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, S.Sos. turun langsung memberikan materi pelatihan yang telah disesuaikan dengan perkembangan situasi Kamtibmas saat ini.

Baca Juga:  Pencanangan Karya Bakti Melalui Video Conference Oleh Pangdam XIV/Hasanuddin

Menurut penuturan Danyon C Pelopor, kegiatan latihan Anti Anarki ini dilaksanakan untuk meningkatkan kepercayaan diri masing-masing personel utamanya dalam hal penanganan aksi unjuk rasa yang sering berujung bentrok antara pengunjuk rasa dengan aparat keamanan. Dalam latihan ini Danyon C Pelopor juga memberikan materi-materi baru tentang penanganan aksi anarkhis berdasarkan petunjuk dan arahan (Jukrah) dari Korp Brimob Polri.

” Sebagai pasukan pemukul terakhir Polri, kami dituntut untuk melaksanakan tugas secara profesional dan proporsional, untuk itu sebagai bekal pelaksanaan tugas di lapangan kami rutin menggelar latihan peningkatan kemampuan Brimob seperti latihan SAR, PHH,” ujar Danyon

“ Dan saat ini kami melaksanakan latihan Anti Anarkhis, dimana latihan nya pun, kami sesuaikan dengan perkembangan situasi Kamtibmas yang terjadi di tengah masyarakat. sehingga tindakan yang kami lakukan akan tetap terukur dan sesuai prosesur serta tidak melanggar HAM, ini semua sebagai implementasi dari Bhakti Brimob Untuk Masyarakat,” tambah Kompol Nur Ichsan kepada awak media.

Baca Juga:  Kapolsek Patimpeng Polres Bone bersama Camat Kompak Tambal Jalan

Dalam latihan Anti Anarkhis ini, tampak pula Wakil Komandan Batalyon (Wadanyon) C Pelopor AKP. Andi Muhammad Syafe’i, S.Sos., M.H. yang memperagakan tekhnik berlindung dengan menggunakan tameng desak.

Tidak ketinggalan para Danki jajaran Batalyon C Pelopor dan anggota begitu antusias dan semangat mengikuti latihan ini.

Sementara itu di tempat terpisah, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis, P.S., S.I.K., M.Si. mengatakan jika Satbrimob Polda Sulsel terus melakukan peningkatan kemampuan personel untuk memberikan perlindungan yang maksimal kepada masyarakat ketika terjadi aksi-aksi anarkisme.

” Kami akan terus melakukan latihan peningkatan kemampuan demi menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di Provinsi Sulawesi Selatan sebagai wujud dari Bhakti Brimob Untuk Masyarakat,” ungkap Muhammad Anis

Baca Juga:  Dampak Pilkades Beberapa Kelompok Tani di Kec. tellusiattingnge Mengeluh Tidak Dapat Jatah Pupuk Dari Pengecer

BONE - Infobanua .co.id Pilkades 2021 untuk kab. Bone tinggal menghitung hari saat ini para calon sedang melakukan sosialisasi, dengan cara mereka masing masing namun terkadang ditemukan dengan cara cara yang seharusnya tak harus dilakukan.

Hasil Informasi yang di himpun dari beberapa kelompok tani di 2 desa yakni desa lanca dan desa lappae kec. Tellusiattingnge kab. Bone

Ternyata salah satu calon kades di lanca diduga lakukan penyalahgunaan bantuan pupuk yang tersalurkan kepetani tetapi tidak melalui kelompok tani justru langsung pengecer. Kemudian pengecer memberikan ke petani yg diduga untuk mendukungx di pilkades mendatang .

Dan ironisnya petani yang tidak mendukungnya justru mendukung calon lain tdk mendapatkan pupuk.

"Memang ada indikasi penyaluran pupuk terjadi penyimpangan tdk melalui kelompok tani tapi langsung ke petani yg diduga pendukung pengecer yg masuk calon kep.desa lanca" ungkap Mansur kelompok tani majang saat dimintai keterangannya

Jika ini benar terjadi , jelas sangat merugikan masyarakat dan tidak per dalam persaingan Pilkades . Bisa ditebak akan ada sengketa karena beda pendapat antara pihak yang merasa dirugikan dengan pihak yang dianggap merugikan

Maka diharapkan kepada pihak terkait atau panitia pelaksana Pilkades hendaknya melakukan langkah2 preventip sebelum Pilkades berlangsung 18.Nov 2021 (A.Ida)

“ Latihan ini juga kami lakukan secara berjenjang dan berkesinambungan, mulai dari tingkat Batalyon sampai ke tingkat Regu, sehingga pergerakan personel Brimob Polda Sulsel di lapangan lebih dinamis namun tetap sesuai prosedur seperti filosofi Roda Kompas yang kami gunakan di dada kiri, yaitu dapat bergerak kemana saja dari segala penjuru,” pungkasnya. (Carlos)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga