oleh

Dekan FUD IAIN Bone Menjadi Pemateri Seminar Nasional Kolaborasi 4 PTKIN Se-Indonesia

TOPIKINFORMASI.COM – Bone – Pada Jum’at, 22 Juli 2022, 4 PTKIN yakni Institut Darul Qur’an Jakarta, IAIN Bone, IAIN Gorontalo dan IAIN Kendari berhasil menghelat Seminar Nasional melalui via zoom dengan tema “Perempuan dalam Perspektif Tafsir Al-Qur’an”. (24/7/2022)

Hadir dalam acara yang digelar secara daring tersebut sekitar 200 zummiyin/zummiyat dari 4 PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) tersebut dan juga sejumlah pejabat di masing-masing PTKI/PTKIN.

Pemateri pertama Dekan Fakultas Ushuluddin Idaqu Mohammad Mualim, Lc. MA dengan judul “Perempuan Karier Dalam Perspektif Tafsir”, pemateri kedua Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) IAIN Bone Dr. Sarifa Suhra, S.Ag. M.Pd.I dengan judul “Aisyah RA Produsen Ilmu Pegetahuan dan Inisiator Lahirnya Ulama Perempuan”.

Baca Juga:  Ketua Harian IKA Unhas Prof dr Idrus Paturusi Harap Keberadaan IKA Perikanan Unhas, Dukung Kemajuan Sektor Perikanan

Dr. Sarifa memaparkan bahwa Aisya RA isteri Rasulullah dan putri Abu Bakar Assiddiq tidak hanya sebagai sosok isteri romantis sebagaimana digambarkan dalam lagu berjudul “Aisya isteri Rasulullah” yang sempat booming di jagad maya hingga menuai kontroversi dan nada protes yang berimbas pada munculnya irama lagu yang sama namun lirik berbeda seperti lagu “Ramadhan” yang dipopulerkan penyanyi bekebangsaan Mesir bernama Mustafa Atief, tapi juga Aisyah adalah teladan lintas generasi dalam hal penguasaan berbagai disiplin ilmu.

Dr. Sarifa menjelaskan, “Aisyah bisa menjadi produsen ilmu pengetahuan karena dekat dengan sumber ilmu yakni nabi, menguasai retorika dan komunikasi lintas generasi, beliau juga mewakili kaum milenial di masanya cerdas lagi dan kuat hafalan,” jelasnya

Baca Juga:  Ada apa ya Anggota Polsek Cenrana Pantau Pengukuran Lokasi Sengketa Tanah Oleh Pihak Pengadilan Agama

Beliau juga menjelaskan, “bahwa untuk menjadi ulama perempuan harus memiliki kemampuan di 4 bidang sekaligus yakni kuasai ilmu alat (Bahasa Arab dan seluruh cabangnya, Tafsir, Hadis, Tarikh, Fikih, Aqidah, Akhlak Tasawuf dan Pemikiran Islam), produksi karya sebanyak banyaknya, publikasi karya di berbagai chanel serta ajak teman saling mensitasi/merujuk karya (saling mendukung),” tambahnya

Selanjutnya pemateri ketiga Kajur IAT IAIN Gorontalo Dr. Mustaqimah, MA dengan judul “Potret Wanita-wanita Syurga”. Kemudian acara semakin menarik saat sejumlah peserta zoom mengajukan pertanyaan diantara yang bertanya adalah Wadek FUAD (Fakultas Ushuluddin, Adan dan Dakwah) IAIN Kendari Dr. Muh. Ikhsan AR, M.Ag dan Dosen Febi IAIN Bone H. Ahmad Abdul Muttalib, Lc. M.Ag, dan acara berlangsung selama 3 jam dan ditutup dengan pembacaan do’a. (*/EL)

Baca Juga:  Mantap, KSPPS BMT Al Amanah Sinjai Sebagai Penyalur Pembiayaan UMI

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *