oleh

Ragam Kegiatan Batalyon C Pelopor Sambut Hari Lahir Pancasila

Topikinformasi.com – Bone, Sulawesi Selatan. 1 Juni merupakan hari bersejarah bagi seluruh bangsa Indonesia, dimana pada tanggal tersebut Pancasila pertama kali dicetuskan oleh Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno dalam pidatonya pada sidang BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945. Sejak saat itu Pancasila menjadi pedoman hidup warga negara Indonesia dalam bermasyarakat.

Untuk memperingati hari bersejarah tersebut, Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel menggelar serangkaian kegiatan yang dapat membangkitkan nilai-nilai persatuan yang terkandung di setiap sila dalam Pancasila.

Hal ini diungkapkan oleh Komandan Batalyon ( Danyon ) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan,S.Sos. yang ditemui setelah mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara Virtual di Aula Latea Riduni kompleks Rumah Jabatan Bupati Bone bersama Forkopimda Kabupaten Bone ( Selasa, 01/06/21 ).

“Bagi rakyat Indonesia, Hari Lahir Pancasila memiliki makna yang mendalam, sejak dicetuskannya, nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila telah menjadi pedoman hidup bagi bangsa Indonesia dan menjadi alat pemersatu bangsa, mampu menyatukan masyarakat Indonesia dengan segala perbedaan yang ada” jelas Danyon yang akrab dengan sebutan Danyon Tindizzz ini.

Baca Juga:  Dandim 1407/Bone Pimpin Apel Pagi Di Mako Brimob C Pelopor

” Selain memiliki makna menyatukan Bangsa Indonesia, Hari Lahir Pancasila juga bermakna sebagai jembatan untuk mengingat kembali perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan Pancasila. Tak hanya sebagai pengingat, tapi juga mengenang menghormati dan juga menghargai jasa-jasa mereka. Untuk itu kami melakukan serangkaian kegiatan diantaranya mengibarkan bendera Merah Putih di halaman rumah masing-masing personel dengan harapan kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat Kabupaten Bone untuk lebih mencintai Indonesia dan memahami arti Bhineka Tunggal Ika sebagai wujud implementasi dari Bhakti Brimob Untuk Indonesia,” jelas Kompol Nur Ichsan dalam wawancaranya bersama awak media

Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh personel Brimob Bone selain mengibarkan bendera Merah Putih di halaman rumah masing-masing sambil memberikan penghormatan kepada bendera selama beberapa saat , selain itu dengan mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan secara virtual serentak seluruh Indonesia bagi seluruh Perwira jajaran Batalyon C Pelopor, serta membuat video ucapan selamat Hari Lahir Pancasila dengan menggunakan bahasa dan pakaian adat suku Bugis di depan monumen bersejarah dan ikon Kabupaten Bone.

Baca Juga:  Tingkatkan Kondusifitas Keamanan Saat Sidang Rekapitulasi, Ini Yang Dilakukan Danyon Brimob Bone

Sementara itu di tempat terpisah, Komandan Satuan ( Dansat ) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis,P.S.,S.I.K.,M.Si. melalui momentum Hari Lahir Pancasila mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus meningkat rasa kesatuan dan persatuan dalam mewujudkan Indonesia sejahtera dan lepas dari pandemi Covid 19.

” Pancasila merupakan dasar ideologi Negara Indonesia yang mampu menyatukan seluruh suku, agama dan ras yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Untuk itu melalui momen hari Lahir Pancasila ini, saya mengajak kepada masyarakat khususnya masyarakat Sulawesi Selatan untuk bersatu bersama-sama mewujudkan Indonesia sejahtera dan terbebas dari pandemi Covid 19,” ujar Dansat Brimob Polda Sulsel

Mantan Dansat Brimob Polda Sulbar ini juga menambahkan bahwa Satbrimob Polda Sulsel akan senantiasa hadir ditengah masyarakat dalam menghadapi tindakan-tindakan kriminal yang dapat memecah belah persatuan bangsa.

Baca Juga:  SAR Yon C Pelopor Bergerak Cepat, Cari ABK KMN Tuna King Yang Hilang di Perairan Sinjai

” Melalui momentum Hari Lahir Pancasila ini, kami Satbrimob Polda Sulsel juga berkomitmen untuk terus hadir ditengah masyarakat untuk menumpas semua kejahatan atau tindakan kriminal yang dapat memecah belah persatuan baik itu antar umat beragama maupun antar kelompok sebagai wujud dari Bhakti Brimob Untuk Indonesia,” pungkas Kombes Pol. Muhammad Anis.

(Mus Mulyadi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga