oleh

Bahayakan Pengguna Jalan, SAR Brimob Evakuasi Dahan Tumbang di Perempatan Jalan Sungai Musi Watampone

Topikinformasi.com-Bone Hujan lebat yang terus mengguyur Kota Watampone dalam beberapa hari ini telah menyebabkan beberapa pohon yang berada di bahu jalan tumbang. Penyebab dari tumbangnya pohon-pohon tersebut diakibatkan oleh usia pohon yang telah tua dan struktur tanah yang gembur akibat hujan yang terus turun. Tumbang nya pohon berukuran besar yang berada disisi jalanan ini tentunya dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan dan masyarakat sekitar.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal tersebut, 1 regu SAR Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel telah disiagakan selama 1 X 24 setiap harinya. Siaga SAR Brimob Batalyon C Pelopor ini pun terus memantau dan merespon cepat setiap informasi atau laporan dari masyarakat jika terjadi bencana alam dan kejadian yang membutuhkan kehadiran tim SAR.

Baca Juga:  Apa Iyya? Oknum Kapolsek Yang Satu Ini Ikut Pasang Baliho Calon Kepala Desa

Seperti halnya kejadian sore tadi (Selasa, 05/01/20), sebuah dahan pohon Terembesi yang terletak di perempatan jalan S. Musi Kelurahan Manurungge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone tumbang dan hampir menimpa sebuah mobil bak terbuka yang terparkir di pinggir jalan.

Untuk mencegah terjadinya korban dan kerusakan materil, tim SAR Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel yang tengah bersiaga di Posko SAR Mako Batalyon C Pelopor, langsung terjun ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi dahan pohon berukuran cukup besar ini.

Berbekal mesin pemotong kayu (Chain Saw), Tim SAR Batalyon C Pelopor tampak berhati-hati mengevakuasi dahan pohon ini karena sebagian dari batang pohon tersebut tersangkut di kabel telefon. Selang waktu beberapa menit, dahan pohon yang tumbang tersebut akhirnya berhasil dievakuasi oleh Tim SAR Brimob Bone tanpa menyebabkan kerusakan materil di sekitar lokasi kejadian.

Baca Juga:  Penutupan dan Penyerahan Hasil Kegiatan TMMD Ke-110 Ya. 2021, Brigjen TNI Djashar Djamil S.E M.M Hadir dalam Kegiatan

Saat dikonfirmasi oleh awak media, Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, S.Sos. menjelaskan perihal respon cepat personel Batalyon C Pelopor dalam mengatasi kejadian-kejadian yang dapat membahayakan keselamatan masyarakat.

“Jadi kami telah menyiagakan 1 regu SAR setiap harinya untuk mengantisipasi bencana alam atau kejadian-kejadian yang membutuhkan pertolongan Tim SAR. Sehingga ketika terjadi bencana alam atau kejadian seperti pohon tumbang kami akan segera bergerak ke lokasi kejadian untuk memberikan pertolongan agar tidak menimbulkan korban atau kerugian materil,” jelas Danyon C Pelopor

“Hal ini kami lakukan sebagai wujud dari Bhakti Brimob Untuk Masyarakat yang sesuai dengan motto pengabdian yaitu Jiwa Raga Ku Demi Kemanusiaan,” tambah Kompol Nur Ichsan.

Baca Juga:  Timpa 1 Unit Mobil, Tim SAR Batalyon C Pelopor Gerak Cepat Evakuasi Pohon Tumbang di Jalan Pramuka Bone

Sementara itu di tempat terpisah, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis, P.S.,S.I.K.,M.Si. mengatakan jika Satbrimob Polda Sulsel akan terus melakukan siaga bencana selama perubahan cuaca ekstrem terus melanda Provinsi Sulawesi Selatan.

“Sebagai wujud dari Bhakti Brimob Untuk Masyarakat, kami akan terus menggelar siaga bencana oleh Personel SAR Satbrimob Polda Sulsel. Hal ini kami lakukan sebagai upaya antisipasi bencana alam, terlebih saat ini kita berada di situasi cuaca ekstrem,” pungkas Kombes Pol. Muhammad Anis

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga