oleh

Kerukunan Keluarga Bone – Morowali Manfaatkan Moment HJB Gengan Mattompang Kawali

Topikinformasi.com – Morowali | Pepatah mengatakan “Di mana bumi di pijak, Disitu langit dijunjung”. Artinya, Dimanapun kita berada tidak akan pernah melupakan kampung halaman.

Hal itulah yang ditanamkan oleh Kerukunan Keluarga Bone (KKB) Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah di hari puncak peringatan Hari Jadi Bone (HJB) Ke 649 pada Sabtu 06 April 2024.

Kerukunan Keluarga Bone ini tak melewatkan waktu dalam memanfaatkan moment bersejarah tersebut. Paguyuban Bone tersebut mengisi moment dengan kegiatan “Mattompang Kawali”

Dalam keterangannya, Rahman selaku Wakil Ketua KKB mengatakan, bahwa, acara Mattompang Kawali merupakan tradisi leluhur masyarakat Bone yang hingga kini masih terpelihara.

“Kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk usaha pelestarian budaya serta merupakan prosesi adat turun temurun para pendahulu masyarakat Bone yang telah mewariskan kepada anak cucu mereka dengan budaya yang menandakan karakter Magetteng Na Warani, Malempu’ serta rasa saling menghargai antar sesama”, kata Rahman, Sabtu (6/4/2024).

Baca Juga:  KM. Kasman Indah 06 Tenggelam Dinsos Kabupaten . Selayar Ikut Berduka

Rangkaian di acara Mattompang Kawali tersebut, lanjut kata Rahman, menjadi momen kebahagiaan dalam ikatan persaudaraan bagi perantau masyarakat Bone di tanah Bumi Tepe Asa Maroso.

“Kita jadikan peringatan HJB ini menjadi momentum dengan kembali menguatkan jalinan ikatan silaturrahim, termasuk mempertahankan nuansa kebersamaan dan kesakralan acara”, lanjut Wakil Ketua KKB ini. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *