oleh

Mahasiswa Baru IAIN Bone Khidmat Ikuti Prosesi Pembukaan PBAK

Topikinformasi.com – Bone Pembukaan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Bone berlangsung khidmat. Kegiatan dilaksanakan di Indoor Lapangan Futsal Kampus I IAIN Bone, Senin (28/8/2023)

Berbeda pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, PBAK tahun ini dibuka dengan sidang senat terbuka oleh Ketua Senat layaknya upacara wisuda. Hal ini tertera dalam Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam tentang Pelaksanaan PBAK tahun 2023.

“PBAK adalah kegiatan akademik yang mengawali proses perkuliahan sebagaimana wisuda adalah kegiatan akademik yang mengakhiri perkuliahan. Oleh karena itu, kegiatan PBAK harus dibuka dan ditutup dengan Rapat Senat Akademik,” kata Ketua Panitia Dr. Musliamin, M.Si., MH dalam sambutannya.

Dr. Musliamin melaporkan peserta yang mengikuti PBAK berjumlah 1.156 mahasiswa. Kegiatan akan berlangsung selama empat hari, Ahad-Rabu (27-30/8/2023). Dengan rangkaian hari pertama adalah pra kegiatan dan tiga hari pelaksanaan.

Baca Juga:  Danrem 141/Toddopuli Pimpin Sertijab Dandim 1403/Palopo dan Dandim 1404/Pinrang

PBAK tahun ini terlihat mengusung ide humanisme dengan mengangkat tema “Mewujudkan Generasi Bangsa yang Moderat, Unggul, Sipakatau, Sipakalebbi dan Sipakainge”.

Rektor IAIN Bone Prof. Dr. H. Syahabuddin, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa baru. Menurutnya mahasiswa baru ini adalah putra-putri terbaik yang telah berhasil melewati sejumlah proses sebelum resmi menjadi mahasiswa IAIN Bone.

“Selamat menjadi mahasiswa IAIN Bone, semoga panjang umur banyak ilmu begitu pula orang tua yang membiayai kita. Semoga kita menjadi alumni terbaik nantinya InsyaAllah,” harap Rektor.

Selain itu Rektor juga menjelaskan beberapa hal terkait misi pelaksanaan PBAK. Menurutnya pelaksanaan PBAK dapat dimaknai sebagai wahana mempererat persaudaraan, wahana menuju moderasi beragama dan PBAK sebagai pintu ijtihad intelektual.

Baca Juga:  Pemusnahan Barang Bukti di Lakukan Oleh Kejaksaan Negeri Bone

Terakhir Rektor berpesan kepada mahasiswa baru untuk meluruskan niat menjadikan kuliah sebagai bentuk ibadah. “Janjinya Allah yarfaillahulladzina amanu minkum walladzina utul ilma darojat, kalau kita berilmu Allah pasti akan angkat derajat kita. Sebelum melangkah ke kampus niatkan langkah itu untuk ibadah,” pesannya.

Kegiatan pembukaan PBAK juga dihadiri oleh para Ketua dan Sekretaris Prodi, Kabag dan Kasubbag serta para pengurus Ormawa IAIN Bone.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *