oleh

PHP2D – Himaprodi Pend. Biologi Sukses. Mitra Sasaran Mengadakan Kegiatan Pembuatan Kartello Gutelo dan Sarabba Secara Mandiri di Desa Tellu Boccoe Kecamatan Ponre

Topikinformasi.com – Bone Keberlanjutan program PHP2D terus diadakan dan kali ini dilakukan secara mandiri oleh masyarakat Tellu Boccoe setelah mendapatkan pelatihan Pembuatan Produk Kartello (keripik jagung), Gutelo (Permen dari Gula Aren kombinasi dengan jahe) dan Sarabba (minuman olahan dari jahe). Minggu (24/10/2021)

Masyarakat tampak sudah mampu mengolah dan membuat produk dengan baik mulai dari pemasakan hingga pengemasan. Sehingga diharapkan, melalui kegiatan mandiri ini masyarakat lebih tahu dan paham betul bagaimana memanfaatkan sumber daya alam menjadi produk yang memiliki nilai jual lebih dan pada akhirnya bisa membantu perekonomian masyarakat. Menurut ketua Tim PHP2D – Himaprodi Pend. Biologi, Muh. Ilham, “Melalui kegiatan mandiri ini, masyarakat bisa dan mampu menghadirkan semangat gotong royong dan terjalinnya kekeluargaan dalam mengelola sumber daya alam yang mereka miliki.

Baca Juga:  Kasus Penistaan agama, Kapolda Sulsel Gelar Konfresnsi Pers di Polres Pelabuhan Makassar

Dari kegiatan semacam ini juga, masyarakat Tellu Boccoe dapat terbantu dengan adanya bekal dari pelatihan yang telah dilaksanakan sebelumnya guna kedepannya mereka bisa secara mandiri dan berkelanjutan untuk mengolah jagung, gula aren dan jahe menjadi produk yang bernilai jual. Tentu juga kami dari Tim PHP2D akan terus memantau dan memfasilitasi dari segi pemasaran dan memberikan pendampingan berkelanjutan kedepannya.”

Dari pendapat masyarakat yang terlibat bahwa mereka sangat antusias dan mengharapkan terus diperhatikan untuk bisa membantu mereka supaya bisa lebih produktif lagi. “Alhamdulillah, Selaku pembimbing kegiatan PHP2D ini sangat mengapresiasi masyarakat yang masing-masing mempunyai Usaha Mikro Kecil atau Menengah, seperti Usaha Jahe/Sarebba, Jagung dan Gula Areng karena selang 3 hari kedepannya masyarakat sudah bisa melakukan kegiatan mandiri seperti apa yang kami laksanakan bersama melalui pelatihan sebelumnya, Semoga adanya kegiatan ini dapat menjadikan penunjang pemenuhan ekonomi masyarakat desa tellu boccoe di masa pandemi covid-19 dan saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah setempat atas kerjasamanya, mudah-mudah kedepannya program seperti ini dapat berlanjut kembali dan Ilmu yang didapat dapat di manfaatkan sebaik baik nya.” Dosen pembimbing, Erwing, S.Pd., M.Pd.

Baca Juga:  Peduli Kebakaran Yang Menimpa Warganya Kapolsek Bersama Wakapolsek Ponre, kunjungi Korban Didesa Bolli Beri Bantuan

Laporan : Alif Rahmatullah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga