oleh

Pantai Tete Tonra Menjadi Tempat Distinasi Yang di Pilih Himpunan Mahasiswa Biologi UNIM BONE Dalam Mengadakan Bina Akrab

Topikinformasi.com – Bone Bina Akrab adalah kegiatan rutin tahunan Himpunan Mahasiswa Pendidikan biologi (Himabio) UNIM BONE. Kegiatan tersebut digelar untuk menyambut dan mempererat silaturahim antara mahasiswa dan dosen-dosen Prodi Pendidikan Biologi. Tujuannya, agar dalam menjalankan aktivitas perkuliahan maupun organisasi selalu dalam konteks persaudaraan. Kegiatan itu dilaksanakan di pantai tete kec. Tonra kabupaten Bone pada Sabtu (02/10/2021) hingga Minggu (03/10/2021). Tema yang diusung adalah, ” Mewujudkan Generasi Milenial pembawa perubahan yang kompak dalam keberagaman .

Aktivitas yang dihadiri oleh (37) peserta ini bertujuan untuk meningkatkan rasa persaudaraan di antara mahasiswa, membentuk karakter mahasiswa, membina keakraban antara mahasiswa baru dengan mahasiswa lainnya maupun dosen pendidikan biologi di Universitas Muhammadiyah Bone. Berbagai macam susunan acara dilalui tanpa halangan. Mulai dari acara pembukaan, yang diawali oleh pembacaan Ayat suci Al-Qur’an, laporan Ketua Panitia, sambutan Ketua Himpunan Mahasiwa Program Studi Himabio, sampai pada Pengantar oleh Ketua Prodi pendidikan biologi yang sekaligus membuka acara Bina Akrab dengan resmi.
Bina Akrab di tahun ini, dirangkaikan dengan kegiatan Bakti sosial (Baksos) untuk membersihkan sampah yang ada di kompleks pinggir Pantai Tete kec. Tonra kabupaten Bone.

Baca Juga:  Kasus Dugaan Korupsi Proyek Rehabilitasi Daerah Irigasi

Selain menjadi klimaks dari agenda tahunan dan bertujuan untuk mengajak, dan membangun kesadaran masyarakat dan warga di sekitar Pantai tete untuk lebih peduli lagi terhadap kebersihan lingkungan. “Baksos ini menjadi bukti implementasi dari himabio Universitas Muhammadiyah Bone.

Harapannya, Erwin, S P.d., M.Pd selaku ketua prodi Himpunan mahasiswa biologi yaitu, dengan kebersaman dan persatuan sesama Himabio akan melahirkan rasa persaudaraan yang tak bisa dipisahkan. “Sebab, dengan kebersamaan, persatuan, dan persaudaraan akan mengalahkan segalanya,

Salsa Faitunnisa selaku ketua panitia kegiatan ini mengatakan pada saat diwawancarai bahwa kegiatan ini berlangsung sepenuhnya menerapkan prokes yang ketat, sehubung dengan tak henti- hentinya pemerintah menghimbau agar menerapkan 3M yaitu memakai masker,menjaga jarak,mencuci tangan. Sehingga selama kegiatan berlangsung panitia terus ingatkan kepada peserta, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

Baca Juga:  Penyaluran Dana BLT Bulan Juli Ringankan Beban Warga Desa Laoni

Acara lanjutan adalah penyampaian materi untuk anggota baru Himabio, sebagai pengetahuan dasar dalam berorganisasi. Selain itu, kegiatan lain adalah permainan dan hiburan. “Tujuan dari kegiatan itu untuk melekatkan dan mempererat hubungan kekeluargaan dalam Himabio. Sedangkan malamnya, dilanjutkan dengan penampilan pentas seni dari pengurus.

“adapun Tujuan dari bina akrab yangvdi papakan oleh ketua Hima biologi adalah ketika kita ambil pemaknaan dari katanya sendiri bina dan akrab dimana ada esensi pembinaan sama menjalin keakraban didalamnya. Contoh sederhananya adalah bagaimana kemudian mengupgrade teman-teman dari yang awalnya masih berstatus siswa berganti peran menjadi mahasiswa. Nah dari situ kita akan menanamkan nilai pembinaan didalamnya. Terus untuk keakraban sendiri karena mereka berasal dari masing-masing sekolah yang berbeda-beda, kampung halaman, serta latar belakang yang berbeda , makanya kita membuat sebuah agenda bina akrab ini yang mana didalamnya ada kegiatan keakraban untuk membuat mereka menjadi akrab, menjadi solid, menjadi punya jiwa kebersamaan sehingga bisa melewati masa-masa kedepannya dengan baik dan efektif. Sehingga mampu memberikan kontribusi terhadap fakultas, bangsa dan negara itu sendiri”.
“Harapan saya setelah diadakannya bina akrab semua yang ingin kita tanamkan ke mahasiswa baru esensi penanaman, nilai-nilai dan sebagainya itu bisa diimplementasikan oleh adik-adik termasuk perihal dimana salah satunya adalah pengenalan tentang moral. Nilai-nilai pengkaderan yang ingin kita masukkan itu mereka terima dengan baik, tanpa ada pemikiran negatif yang muncul Karena sebenarnya tidak ada sama sekali seorang kakak yang ingin menyakiti adiknya akan tetapi ingin melihat semua adiknya bisa menjadi orang-orang yang berguna dan bermanfaat melalui pengkaderan itu”
ujar Andi Nurfaizah Yusuf selaku ketua Hima biologi

Baca Juga:  Asah Kemampuan Individu, Danyon C Pelopor Pimpin Anggota Latihan Menembak

Laporan : Alif Rahmatullah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga