oleh

KKLP IAIN BONE Menerima Pembekalan Moderasi Beragama di Minggu Pertama

Topikinformasi.com-Bone Keberadaan KKLP IAIN BONE di KUA Kec. Palakka menerima pembekalan materi moderasi beragama pada Minggu pertama yang disampaikan oleh penyuluh Agama Islam KUA Kec. Palakka Agusalim. M. Pd

Alumni Pusdiklat angkatan pertama tersebut memaparkan materi wawan kebangsaan, materi in9 sangat penting diberikan kepada KKLP IAIN BONE supaya ada bekal dalam menyampaikan konsep moderasi beragama di tengah tengah masyarakat terkhusus objek majelis taklim di wilayah Kec. Palakka lanjut Alumni Pusdiklat makassar tersebut menegaskan bahwa materi wawasan kebangsaan menjadi materi wajib untuk mengajak masyarakat untuk tidak langsung menyalahkan sesama pemeluk agama Islam maupun agama lain yang memiliki ideologi dan kepercayaan yang berbeda satu dengan yang lain ini demi menciptakan suasana damai, tentram, dan rukun sehingga terciptalah masyarakat moderat karena karena konsep moderat bukan siapa yang benar dan siapa yang salah namun mencari titik temu supaya terbangun perdamaian diatas bumi ini.

Baca Juga:  Polsek Patimpeng Hari Ini Kembali Laksanakan Operasi Yustisi, dan Tidak Ada Pelanggar

Pada sesi kedua Syahrir, S. Pd. I sempat memberikan materi tentang buta aksara sesuai spesialisasinya seperti ilmu Tajwid dan perbaikan bacaan Basamalah dan surah Al Fatihah. pada sesi ketiga Arif Irfansah meluangkan waktu untuk bertanya tentang Asbabun Nuzul Surah Al Kafirun dan Surah Al Hujarat Ayat 13 dengan kaitannya moderasi beragama. dijawab langsung oleh pemateri yang intinya bahwa tidak ada kebenaran mutlak kecuali kebenaran yang dimiliki oleh Tuhan karena semua pemeluk mengatakan kebenarannya masing masing tapi dalam konsep moderasi beragama bukan yang dicari siapa yang benar dan siapa yang kafir namun yang cari adalah titik temu antara pemeluk agama yang satu dengan lainnya termasuk ideologi satu dengan yang lain ini demi untuk menjaga kerukunan dan toleransi antar dan inter ummat beragama.

Baca Juga:  Kita Pemuda Kita Kreatif

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga