oleh

Batalyon C Pelopor Berangkatkan 2 Detasemen Anti Anarki Amankan PON XX Papua

Topikinformasi.com – Bone, Sulawesi Selatan. Hari ini Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel memberangkatkan 2 Detasemen Anti Anarki ( Den AA ) atau tepatnya 90 personel Brimob menuju kota Makassar selanjutnya bergabung dengan 121 personel dari Batalyon lainnya dalam rangka pengamanan Pekan Olahraga Nasional ( PON ) ke XX yang akan diselenggarakan di Provinsi Papua pada tanggal 02 hingga 15 Oktober 2021.

Pemberangkatan 2 Detasemen Anti Anarki personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel tersebut ditandai dengan apel pemberangkatan personel Batalyon C Pelopor Pam PON XX Papua yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle, MM. di lapangan apel Mako Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel jalan M.H. Thamrin no. 70 Kota Watampone ( Jum’at, 24/09/21 ).

Selain diikuti oleh personel Brimob Bone yang akan melaksanakan tugas pengamanan PON XX Papua, dalam apel pemberangkatan tersebut juga dihadiri oleh pejabat-pejabat lingkungan TNI-POLRI dan Pemda Kabupaten Bone. Adapun pejabat yang hadir dalam kegiatan ini diantaranya Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle,MM., Komandan Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan,S.Sos., Dandenpom XIV/1 Hasanuddin Letkol Cpm. Maria Herlina Pasule, Wakapolres Bone Kompol Safaruddin, M,SH.,M.Si., Kabag Ops Polres Bone Akp A. Muh. Syafei, S.Sos., MH., Kasat Sabhara Polres Bone Akp Ahmad Jafar, Kakesbangpol Bone Dr. H. A. Sumardi Suaip, M.Si., Sekretaris Pengadilan Negeri Watampone Usman, SH serta Ketua Bhayangkari Ranting Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Ny. Upiek Nur Ichsan.

Baca Juga:  Tuntaskan Misi Kemanusiaan di Masamba, puluhan personel Brimob Bone lansung Jalani Rapid Test

Dalam arahannya saat memimpin apel pemberangkatan, Drs. H. Ambo Dalle, MM. menyampaikan 5 pesan kepada personel Brimob Bone yang akan melaksanakan pengamanan PON XX Papua.

” Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan 5 pesan kepada anak-anak ku sekalian agar dapat menjalankan tugas dengan baik, aman dan lancar. Yang pertama perkuat iman dan taqwa kepada Allah SWT dengan beribadah, kedua jaga kekompakan, ketiga jaga nama baik kesatuan dan daerah, keempat jaga selalu kesehatan diri utamanya dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid 19 dan terakhir selalu ingat pepatah Bugis saat di tempat bertugas yaitu Ya Tutu’, Ya Upe’ , Ya Cappa’, Ya Cilaka, yang artinya siapa yang taat maka dia akan beruntung dan siapa ceroboh maka kemalangan yang akan menghampirinya. Kemudian Saya doakan semoga selamat sampai di tempat tugas begitu pula sebaliknya,” tutur Wakil Bupati Bone dua periode ini.

Baca Juga:  Walau Kasus Covid-19 Bone Melandai, Batalyon C Pelopor Tetap Rutin Patroli Himbau Terapkan Prokes

Sementara itu pada kesempatan yang sama Komandan Batalyon ( Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan,S.Sos. menyebutkan bahwa 90 personel Batalyon C Pelopor akan diberangkatkan terlebih dahulu ke Kota Makassar untuk melakukan beberapa persiapan menjelang pemberangkatan ke Provinsi Papua pada tanggal 27 September 2021 mendatang.

” Jadi hari ini ada 90 personel Batalyon C Pelopor yang kami berangkatkan untuk mengamankan jalannya PON XX Papua bulan Oktober mendatang. Sebelum berangkat ke Papua, nanti personel kami ini akan melaksanakan tes kesehatan dan PCR di Kota Makassar dan bergabung dengan personel Satbrimob Polda Sulsel lainnya yang juga akan mengamankan jalannya event olahraga ini,” ungkap Danyon C Pelopor.

Kompol Nur Ichsan juga berharap dengan pemberangkatan 90 personel Batalyon C Pelopor ke Provinsi Papua dalam rangka pengamanan PON ke XX tahun 2021 ini, dapat memaksimalkan keamanan pelaksanaan event olahraga nasional terbesar.

” Tentunya kita semua berharap jalannya event olahraga nasional terbesar yang pertama kali digelar di Bumi Cenderawasih ini dapat berjalan dengan aman dan lancar. Untuk itu saya selalu menekankan kepada anggota saya untuk terus menjaga performa baik perorangan maupun satuan dalam bertugas serta tetap humanis dalam bertindak sehingga pelaksanaan PON ke XX berjalan dengan kondusif dari awal hingga akhir,” tambah Nur Ichsan.

Baca Juga:  Pembongkaran Kios di Mengkendek Terungkap, Tim Batitong Maro Gelandang Pelakunya Ke Mapolres Tana Toraja

Apel pemberangkatan personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Pam PON XX Papua 2021 di Mako Brimob Bone ini ditutup dengan acara pemberian ucapan selamat bertugas kepada masing-masing personel oleh seluruh pejabat yang hadir.

Terpisah Komandan Satuan ( Dansat ) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis,P.S.,S.I.K.,M.Si., menjelaskan bahwa ada 211 personel Satbrimob Polda Sulsel yang akan diberangkatkan ke Papua dalam rangka pengamanan PON XX 2021 pada tanggal 27 September mendatang.

” Dalam rangka pengamanan PON ke 20 Papua tahun 2021 ini, Satbrimob Polda Sulsel diminta untuk menerjunkan 211 personelnya yang akan ditempatkan di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Untuk pemberangkatan personel rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 27 September 2021 dengan menggunakan pesawat Lion dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin menuju Bandara Sentani Jayapura,” pungkas Muhammad Anis.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *