oleh

Malam Jumat Remaja Masjid Bahrul Ulum Tirong Rutinkan Baca Barzanji Berbahasa Bugis

Topikinformasi.com-Bone Barzanji ialah suatu doa-doa, puji-pujian dan menceritakan riwayat Nabi Muhammad SAW yang dilafalkan dengan suatu irama atau nada yang biasa dilantunkan ketika kelahiran, khitanan, pernikahan dan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Isi barzanji bertutur tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW yang di sebutkan berturut-turut yaitu silsilah keturunannya, masa kanak-kanak, remaja, pemuda hingga diangkat menjadi Rasul.

Didalamnya juga mengisahkan sifat-sifat mulia yang dimiliki Nabi Muhammad SAW serta berbagai peristiwa untuk dijadikan teladan umat manusia. Barzanji biasanya di lantunkan pada acara-acara seperti hajatan, doa-doa keselamatan bahkan hingga membeli kendaraan baru.

Barzanji yang biasa dikenal dalam masyarakat bugis memiliki beberapa ragam menurut apa yang ada dalam keseharian mereka. Agusalim ( Penyuluh Agama Islam KUA Kec Palakka ) sebagai penulis mengatakan bahwa terbitnya kitab maulid Barzanji berbahasa bugis ini merupakan usaha dan perjuangan karena memerlukan tenaga dan pikiran dan terutama waktu yang banyak karena tingkat bahasa dalam kitab Barzanji mempunyai gaya bahasa Arab kuno serta syair-syair yang luas maknanya.

Baca Juga:  Mengikuti Ritual Apparasili Tradisi Turun Temurun Warga Pamatata

Keberadaan kitab Barzanji Bugis latin ini diterjemahkan dari buku-buku barzanji berbahasa bugis lontara yang dilatinkan untuk memudahkan bagi pembacanya terutama pembaca yang tidak akrab dengan bugis lontara.

Remaja Masjid Bahrul Ulum Desa Tirong Kec. Palakka Muhammad Aufar Ridwan menjadikan rutinitas membaca kitab ini setiap malam jumat sesudah sholat maghrib sampai isya bersama remaja dan jamaah masjid lainnya, dan mudah-mudahan dengan variasi bahasa dalam kitab Barzanji Bugis ini dapat dilestarikan kembali sebagai budaya Islam khususnya di Kab. Bone.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga