oleh

Seminar Kependudukan dan Catatan Sipil Tingkat Kecamatan dan Desa Yang di Laksanakan Indonesia Bermutu (IB)

Topikinformasi.com – Bone – Pelaksanaan Seminar kependuduk dan catatan Sipil yang digelar di ke
camatan sibulue di buka oleh Sekretaris Kecamatan yang mewakili Camat Sibulue A. Amri Amir SH .Sabtu (27/3/2021)

Seminar yang di prakarsai oleh Indonesia Bermutu (IB) bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil) berlangsung di aulah kantor camat sibulue di hadiri peserta dari utusan Desa dan kelurahan

Dalam sambutan sekcam sibulue .menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan seminar ini yang dilaksanakan oleh Indonsia Bermutu( IB) dimana data kependudukan sangat penting . Hal ini bisa memberi pemahaman dan edukasi pada masyarakat khususnya wilayah kecamatan Sibulue.

Disisi lain Kadis Capil Drs. A. Darmawan yang turut hadir mengatakan banyak masyarakat baru mau mengurus dokumen kependudukan saat baru mau mamakainya. Selain itu banyak juga aparat desa biasanya banyak lupa tentang dokumen kependudukan warganya dikasih daftar nama kependudukan yang ganda guna di perifikasi atau di falidasi tidak ditindak lanjuti .

Baca Juga:  Sampaikan Pesan Kamtibmas, Polsek Tellu Siattinge Polres Bone Gelar Patroli Dialogis Malam

“Perlu di pahami oleh aparat desa bahwa Capil itu hanya menerima dokumen administrasi tidak tahu siapa orangnya jadi kalau bicara penduduk , Capil tidak punya penduduk, yg punya adalah Petta desa, Petta lurah dan pemerintah kecamatan ,Capil hanya punya dokumen to saja” Ujar A. Darmawan

Dia juga mengatakan ada 300lebih nama ganda disebabkan karena ketidak jujuran pemohon pemilik dokumen begitupun dokumen kependudukan yang lama tidak selesai 90% ganda .

Sementara inisiator pelaksana kegiatan ini A. Muh. Ridwan melihat animo para peserta kurang di banding tujuan dan manfaat seminar ini.

“Kita sudah jemput bola dengan di laksanakan di kecamatan khususnya di si bulue . Kegiatan ini sasarannya bagaimana nanti daerah , desa menganggarkan server atau aplikasi supaya tidak ada lagi masyarakat yang susah dalam persoalan administrasi bolak balik ke Bone karena sudah disiapakan di kecamatan . tetapi terlihat nampak yang hadir hanya beberapa utusan dari desa atau lurah padahal kegiatan ini sangat penting untuk diikuti , ada apa..! Ujar A. Ridwan

Baca Juga:  Dengan Kenaikan Pangkat, Kapolres Pelabuhan Makassar Harapkan Kemampuan dan Keterampilan Ditingkatkan

Kegiatan seminar kependudukan dan Catatan sipil berlangsung hingga sore hari dalam dua sesi dirangkaikan dengan penyerahan daftar wajib KTP belum merekam O sampai 18 tahun berbentuk Sidi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga