oleh

Sat Lantas Polres Bone Gelar Sosialisasi Mengenai Etika dalam Berlalu Lintas Melalui Radio RRI 97,7 FM

Topikinformasi.com-Bone Demi menyadarkan pengguna jalan dan mengurangi tingginya angka kecelakaan lalu lintas, Sat Lantas Polres Bone gelar sosialisasi tentang etika dalam berlalu lintas melalui program talkshow di Radio RRI 97,7 FM pada Selasa (02/03/2021)

Kasat Lantas Polres Bone, AKP Fitriawan, S.H didampingi oleh Kanit Dikyasa Polres Bone, Aiptu Nataniel Teke turut hadir sebagai narasumber. Sebelum memulai, Kasat Lantas Polres Bone membuka dengan menjelaskan bahwa etika berkendara itu penting. Tujuannya adalah untuk menghormati, menghargai dan menjaga keselamatan orang lain.

Kasat Lantas Polres Bone, AKP Fitriawan berbagi sejumlah tips dan etika dalam berkendara kepada para pendengar radio RRI Bone yaitu :

  1. Pastikan kondisi fisik dan jiwa yang sehat, lakukan pemanasan sebelum berangkat ke tujuan.
  2. Pastikan sepeda motor yang akan digunakan benar-benar siap selama dalam perjalanan, mulai dari kesiapan kondisi mesin kendaraan hingga surat-surat (SIM dan STNK).
  3. Gunakan helm full face atau helm standar (SNI) baik bagi pengemudi maupun penumpang. Memakai kacamata dengan UV protection di siang hari agar tidak silau dan pandangan mata lebih jelas.
  4. Menyangkut kemungkinan perubahan cuaca, pengendara sepeda motor harus mempersiapkan jaket, sepatu, body protector, sarung tangan, kacamata dan jas hujan.
  5. Bagi pembonceng wanita, sebaiknya tidak duduk menyamping melainkan harus menghadap ke depan.
  6. Untuk menyeberang pastikan lalu lintas aman, barulah menyeberang.
  7. Perjalanan di kota kecepatan tidak lebih dari 60km/jam, jangan berjalan zig-zag, apalagi jika memboncengkan balita atau orang tua.
  8. Jangan membawa muatan yang melebihi ketentuan.
  9. Patuhilah rambu-rambu lalu lintas sepanjang rute perjalanan dan etika berlalu lintas.
  10. Nyalakan lampu utama pada siang hari dan gunakan lajur jalan paling kiri.
  11. Hal yang tak kalah penting adalah berdoa memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum mengawali perjalanan.
Baca Juga:  Program 100 Hari Kapolri Kapolres Enrekang MoU Kerjasama Pembangunan Rumah Subsidi Anggota

AKP Fitriawan juga menambahkan bahwa ada banyak penyebab kecelakaan, yang paling sering terjadi adalah faktor manusia. “Kebanyakan kecelakaan terjadi akibat kesalahan yang dibuat oleh pengendara itu sendiri. Mereka seringkali mengabaikan rambu-rambu, sehingga di situlah kemudian terjadi kecelakaan,” jelasnya.

“Kita tidak pernah tahu dan tidak pernah mau celaka, tetapi kalau bisa dicegah kenapa tidak? Disiplin berlalu lintas bukan hanya milik petugas kepolisian tetapi milik kita semua agar selamat sampai di tujuan.” tutupnya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga