oleh

Optimalkan program ketahanan pangan, Kodim 1407/Bone Kembangkan Budidaya Tanaman Porang

Bone, Topikinformasi.com Kodim 1407/Bone bangunkan lahan tidur menjadi lahan produktif seluas satu hektar dalam rangka penyiapan lahan penanaman tanaman Porang di kelurahan Tanah Batue Kecamatan Libureng Kabupaten Bone Sulawesi Selatan Rabu 01/07/2020.

Komandan Kodim 1407/Bone Letkol Inf. Mustamin, S.E. mengatakan bahwa, saat ini, Kodim 1407/Bone menyiapkan lahan seluas 1 hektar dalam rangka mengembangkan Budidaya Tanaman Porang di wilayahnya teritorial Kodim 1407/Bone, guna mengoptimalkan program ketahanan pangan & kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Bone. kata Dandim.

Dilokasi pengolahan lahan, Pasi Ter Kodim 1407/Bone Kapten Inf. Eko Sulistiyono menjelaskan bahwa , “Tanaman Porang masuk dalam jenis umbi-umbian dan juga termasuk ke dalam jenis tanaman obat. Kandungan glukomanan yang dimilikinya menjadi salah satu nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga:  Spanduk Baru Terpasang di Mapolsek Patimpeng Polres Bone. Ini Isinya..!!

Untuk bibitnya, biasa digunakan dari potongan umbi batang, maupun umbinya yang telah memiliki titik tumbuh atau umbi katak (bubil) yang ditanam secara langsung. Masa panen tanaman ini berumur sekitar 1 tahun lebih”, ujarnya.

“Manfaat  tanaman Porang untuk kesehatan yang diperoleh dari berbagai sumber yaitu, mengendalikan kadar kolesterol, mengatasi sembelit, merawat kesehatan kulit, membantu menjaga berat badan, mencegah dan mengatasi diabetes, menurunkan darah tinggi dan mencegah kanker, khususnya kanker usus”, ungkapnya.

Selain itu, “Tanaman Porang selain untuk kesehatan, memiliki manfaat lain seperti, bahan baku tepung, digunakan untuk pembuatan kosmetik, bisa digunakan sebagai penjernih air dan sebagai bahan pembuatan lem ramah lingkungan”,terangnya. (Arnold Cunding)

Baca Juga:  Tripika Kecamatan Ajangale Berikan Bantuan Paket Sembako Kepada Warga Yang Pernah Isoman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga